Upaya Menekan Angka Stunting Pemdes Sukosari Berikan Makanan Tambahan Kepada Balita Stunting

Hari Terakhir PMT Desa Sukosari 

Madiun Berita-1.com

Dalam upaya mengatasi masalah Stunting, Pemerintah Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun bekerjasama dengan Bidan Desa, Puskesmas,dan Kader Posyandu menerapkan program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di antaranya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Bertempat di gedung pertemuan Desa Sukosari hari ini Rabu 14/3/23 Pemerintah Desa Sukosari memberikan makanan tambahan (PMT), pengukuran tinggi badan,dan penimbangan berat badan kepada balita yang terkena stunting.


Pengukuran Dan Penimbangan Berat Badan 

Pemberian makanan tambahan dimulai pada tanggal 1-14-2023 Maret ,dan ini merupakan hari terakhir PMT, "semoga dengan adanya program PMT bisa mencegah stunting pada anak balita"ujar Nafsiatul Mabruroh selaku Bidan Desa yang memantau langsung kegiatan PMT tersebut.

H.Kusno selaku Kepala Desa Sukosari juga meninjau langsung kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT)kepada balita stunting di wilayahnya,Dia berharap Agar angka stunting di desanya bisa turun menjadi 0 persen.

"Pemerintah Desa akan terus berupaya mensosialisasikan pentingnya pola hidup sehat, dengan memberikan balita makanan yang bergizi, Vitamin juga susu, sehingga tumbuh kembang anak balita bisa bisa normal sesuai usianya, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa pungkasnya".

Peran penting Puskesmas juga sangat membantu untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga yang balitanya kena stunting,Diharapkan gizi masyarakat akan terpantau sehingga penurunan angka stunting bisa tercapai.

PMT sudah di atur dalam Permenkes RI nomor 51 tahun 2016 tentang Standar Produk Suplementasi Gizi. Dalam Permenkes itu telah diatur Standar Makanan Tambahan untuk Anak Balita, Anak Usia Sekolah Dasar, dan Ibu Hamil.


PMT 

Pemberian makanan tambahan yang berfokus baik pada zat gizi makro maupun zat gizi mikro bagi balita  sangat diperlukan dalam rangka pencegahan Bayi terkena stunting.

Oleh karena itu, pemenuhan gizi pada balita menjadi sangat penting, sebab jika tidak dipenuhi asupan nutrisinya, maka dampaknya pada perkembangan anak akan sangat buruk. inilah yang menimbulkan masalah  seperti stunting.red/ti

Previous Post Next Post

View: