Peringatan HARDIKNAS, Siswa SMPN Kabupaten Madiun Gelar Outbound Dalam Rangka Peningkatan Kedisiplinan Dan Wawasan Kebangsaan (Character Building)

Keterangan Foto : Sejumlah Siswa Saat Mengikuti Kegiatan Outbound / Foto-berita-1.com


Madiun Berita-1.com

Tingkatkan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun mengadakan kegiatan outbound yang di ikuti oleh siswa-siswi kelas VII SMPN 1Jiwan dan SMPN 2 Wungu,Kegiatan outbound di adakan di Yonif Para Raider 501/BY.

Kegiatan outbound di bagi dalam dua sesi, yang mana gelombang pertama sudah dilaksanakan pada tanggal 2-4 Mei lalu, Sedangkan gelombang kedua di mulai dari tanggal 5-7 Mei 2023. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Dra. Siti Zubaidah, M.H mengatakan,jika outbound yang di gelar oleh Dinas Pendidikan di lapangan Yonif Para Raider 501/BY tersebut di ikuti kurang lebih 373 siswa SMPN kelas VII. 

"Kegiatan ini di ikuti oleh dua SMPN yang ada di Kabupaten Madiun,yakni SMP Negeri 1 Jiwan dan SMP Negeri 2 Wungu.Siswa yang terdiri dari dua SMP tersebut kita beri pembekalan Peningkatan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan.Tentunya hal ini sesuai dengan yang kita harapkan, ada perubahan karakter dengan kedisiplinan, tertanam kecintaan yang lebih kuat terhadap pancasila, bangsa dan negara, "Ujarnya menjelaskan. 

Menurut Siti Zubaidah, pemahaman ideologi Nasional dan Pancasila sangat penting diberikan kepada generasi muda sejak dini. 

"Ini sangat penting, guna menumbuhkan rasa nasionalisme dalam bentuk tindakan nyata di kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat" jelasnya.

Lebih lanjut di sampaikan, bawa acara outbound tersebut akan diadakan secara rutin setiap tahun dengan peserta dari sekolah lain yang ada di Kabupaten Madiun secara bergantian. 

"kegiatan ini akan terus kita lakukan setiap tahunya,dan pada tahun berikutnya tentunya sekolah lain yang juga akan kita berikan pendidikan tentang itu.Selain mendidik karakter siswa, kegiatan outbound juga bertujuan untuk lebih memupuk rasa keakraban dan kebersamaan sesama murid sekolah.Semangat kebersamaan inilah yang harus benar-benar kita tumbuhkan kepada para siswa-siswi,sehingga dapatnya terbangun rasa kekompakan, kerja sama serta kepedulian antar sesama" Terangnya.


Sementara itu Lettu Infantri Rahman Nur Rumagia S.T.Han perwakilan dari Yonif Para Raider 501/BY sangat mengapresiasi semangat para siswa dalam mengikuti setiap materi yang di berikan oleh para pelatih dan pembimbing.

"Para siswa bisa dengan cepat dan tanggap dalam menerima setiap materi kegiatan yang kita berikan".

Adapun materi yang diberikan guna menumbuhkan kedisiplinan seperti;upacara,sholat berjamaah,latihan PBB, wawasan kebangsaan,melaksanakan ketangkasan tower (Rapelling) dan renungan malam.

Dengan adanya kegiatan outbound ini bisa menjadi contoh dan bisa diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain,karena kegiatan ini sangat positif,siswa yang telah mengikuti outbound mempunyai nilai lebih dalam pengalaman.

"Diharapkan pelajar dapat menerapkan dan memahami tentang pentingnya kesadaran bela negara, sehingga kedepannya mereka mampu menghadapi perubahan jaman, karena masa depan suatu bangsa sangat di tentukan oleh generasi muda(pelajar),mereka adalah tonggak perubahan,dipundak merekalah nanti bangsa dan negara ini bisa menjadi bangsa yang besar,kuat disegani dan di hormati negara lain, pelajar menjadi harapan bangsa yang bisa melindungi dan mempertahankan Tanah Air Indonesia pungkasnya.


Hari terakhir penutupan kegiatan outbound Minggu 7/5/23 di gelar upacara penutupan sekaligus penyerahan sertifikat kepada para siswa dan penyerahan plakat kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Jiwan dan SMPN 2 Wungu.

Dengan selesainya kegiatan outbound ini para siswa akan menjadi pribadi yang disiplin, kuat dan mampu bertahan di segala situasi dan kondisi apapun, sehingga mereka bisa mewujudkan  cita-cita nya kelak. (Ti/Tj)

Previous Post Next Post

View: