Ini dia Penari Celeng Srenggi BKB yang selalu bikin penonton terpukau

Foto Ayub Huda wali dan Siti Nurainun

berita1.com, Dumai - Tarian Celeng merupakan salah satu jenis tari di dalam Pagelaran Kesenian Jaranan/Kuda Lumping yang memang membutuhkan skill dan latihan khusus sebelum ditampilkan. Selain bakat dan hobi, latihan bersama pelatih yang sudah menguasai bidangnya pun turut menentukan bagaimana hasilnya.

Adalah Ayub Huda Wali dan Siti Nurainun, Pemuda Pemudi yang berasal dari tempat berbeda, namun dikarenakan memiliki talenta dan hobi yang sama di bidang tari Celeng, akhirnya mereka dipertemukan dan bersatu di sebuah Paguyuban Kesenian Jaranan yang bernama Paguyuban Kesenian Jaranan Jawa Asli Bayu Krido Budoyo (BKB), yang dipimpin oleh Mbah Sudirno (Mbah Dir), dengan Sanggar yang terletak di Gang Perintis, RT. 15 Pematang Duku, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Menurut Ketua Paguyuban BKB, Mbah Sudirno (Mbah Dir), mereka pada awalnya tidak saling kenal, yang satu (Siti Nurainun) bisa menari Kiprah, yang satunya lagi (Ayub Huda Wali) bisa menari Celeng, akhirnya kita kolaborasi jadi pasangan Penari Celeng terbaik dalam solah Ratu Celeng Srenggi di Group BKB ini, 27/06/2023.

Wakil Ketua Paguyuban, Mbah Sukamto Tulabi (Mbah Ateng) juga menambahkan bahwa Paguyuban BKB ini akan terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan orang yang nanggap, seumpama minta dipercepat Ndadi (Kemasukan Indangnya), ya kita akan turuti, begitu juga sebaliknya, 27/06/2023

Mas AAN, Ketua Gambuh Paguyuban BKB yang sempat ngobrol bersama Awak Media ini juga menjelaskan jika mereka berdua ini baru 2 (Dua) kali latihan Celeng Srenggi di Sanggar BKB, langsung ditampilkan berturut-turut 2 (Dua) kali, namun hasilnya membanggakan kami selaku Keluarga Besar Paguyuban BKB.

Beberapa penonton yang hadir yang enggan disebutkan namanya di tengah padatnya kerumunan penonton ini mengatakan bahwa kalau sudah BKB yang main, tetap padat penontonnya Mas. Apalagi pas tarian Celeng Srenggi ini, yang memang ditunggu tunggu sama penonton, memang bikin semuanya terpukau", ucapnya, 27/06/2023.


Reporter : Andri

Previous Post Next Post

View: