Bakesbangpol Kabupaten Madiun Gelar Pembinaan Penatausahaan/Pengelolaan Administrasi Dan Laporan Pertanggungjawaban Hibah Berupa Uang Kepada Organisasi Kemasyarakatan

Kesbangpol saat gelar kegiatan bersama masyarakat - Foto : Eti/berita-1.com


Madiun Berita-1.com-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Bakesbangpol) Kabupaten Madiun,melalui tugas dan fungsi Bidang Politik  Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan 

melakukan "Pembinaan Penatausahaan/Pengelolaan Administrasi dan Laporan Pertanggungjawaban Hibah berupa Uang Kepada Organisasi Kemasyarakatan(Ormas) tahun anggaran 2023".

Kegiatan ini di ikuti oleh 75 peserta pengurus ormas se-kabupaten  Madiun yang mendapat hibah berupa uang tahun anggaran 2023, Selasa 10 Oktober 2023.

Foto nara sumber 

Robani(Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan)membuka secara langsung acara tersebut, turut  hadir sebagai nara sumber; Mashudi(Kepala Bakesbangpol) Kabupaten Madiun,Ulal Musri Afrianto perwakilan dari BPKAD,Bagus Simunthong dari Baperinda dan  Bagus Setiawan dari Inspektorat.

Dalam penyampaianya Ulal Musri Afrianto  menjelaskan bahwa kegiatan  yang baik diawali dengan perencanaan yang tepat, sedangkan untuk mendapatkan dana hibah uang,ormas harus mengajukan  proposal kepada Bakesbangpol setahun sebelum menerima hibah,serta pertanggung jawaban SPJ harus sesuai dengan RAB,disamping itu lembaga/individu yang akan mengajukan hibah wajib membuat akun SIPD-RI dengan mengakses ke https:/sipd-ri.kemendagri.go.id/ jelasnya.

Dikesempatan yang sama Mashudi selaku kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa  ada hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh ormas,adapun hak ormas yaitu mendapatkan dana hibah berupa uang,sedangkan kewajiban nya ormas harus memberikan input terkait kegiatan di daerah nya masing-masing,disamping itu ormas juga turut membantu pemerintah dalam mensukseskan pembangunan, apalagi sekarang  mendekati tahun pemilu, pihaknya(Bakesbangpol)akan terus bersinergi dengan ormas, sehingga  tercipta pemilu yang aman jelasnya.

Lebih lanjut  Mashudi menyampaikan bahwa tujuan digelarnya acara tersebut untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan memberikan edukasi/bimbingan kepada ormas tentang bagaimana cara menyusun perencanaan saat pengajuan proposal serta bagaimana bisa di pertanggung jawabkan sesuai aturan yang berlaku.

Semua pihak tentu mengharapkan ormas di Kabupaten Madiun bisa meningkatkan peran dan kontribusi nya dalam setiap kegiatan sebagai mana amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga ormas , sehingga seluruh masyarakat menerima manfaat dari kinerja ormas tersebut.

Oleh karena itu kami mengajak untuk bersama-sama menyatukan langkah dan menunjukkan kinerja yang baik guna mendukung dan mewujudkan suksesnya pembangunan daerah.

"Kami yakin dan percaya bahwa kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, pembangunan akan berjalan dengan baik dan lancar", pungkasnya.



Penulis : Eti

Previous Post Next Post

View: