Kolaborasi Pemdes Bakur Bersama Team KKN Unmer Madiun Ciptakan Alat Jebakan Lalat Buah

 



Berita-1.com

Desa Bakur merupakan salah satu desa  yang berada di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun.

Desa ini  merupakan sentral penghasil jeruk unggulan,Khususnya di Dukuh Bantengan.Hampir semua warga menanam jeruk di halaman dan pekarangan rumah mereka.


Jenis jeruk unggulan Dusun Bantengan Bakur  ini mempunyai ciri yang khas berbeda dengan jeruk Bali atau pamelo, jeruk ini memiliki rasa yang sangat manis dan segar,dengan warna buah yang cenderung keputih putihan dan memiliki kulit yang tipis.


Tapi di musim penghujan seperti sekarang ini  tanaman jeruk warga di serang hama lalat buah,hal ini sangat mempengaruhi tingkat produksi dan mutu buah nya.


Langkah cepat pun di ambil oleh petugas penyuluh lapangan (PPL) Kecamatan Sawahan, kelompok tani dan bersamaan itu ada mahasiswa yang sedang mengadakan kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Merdeka Madiun .


Mereka bahu membahu berupaya memberantas hama lalat buah.

Caranya yang dilakukannya pun sangat sederhana yaitu Dengan memakai botol plastik bekas air mineral kemudian botol di bungkus menggunakan papper trap atau kertas perangkap yang sudah di beri cairaan petrogenol selanjutnya jebakan di gantung gantung di batang  pohon jeruk. 


Inovasi lain yg di lakukan oleh warga, kelompok tani  dan mahasiswa KKN  Unmer yaitu dengan membuat bubur California,bubur tersebut merupakan campuran belerang dan kapur, dengan melalui proses pemasakan.


Bubur California ini terbukti efektif  bisa menghabat dan menghilangkan blendok yang menempel pada batang pohon jeruk.

Caranya pun sangat simpel yaitu dengan mengoleskan bubur California ke batang yang terserang blendok atau jamur.


Dalam kegiatan tersebut kelompok tani Dukuh Bantengan ikut andil dalam pembuatan pupuk cair menggunakan air bekas cucian beras atau biasa disebut air leri.




Pupuk cair organik ini sangat terbukti bisa meningkatkan hasil produksi jeruk unggulan Dusun Bantengan Bakur 


Nuzul salah satu mahasiswa yang ikut KKN  Unmer  berharap agar hama lalat buah dan blendok ini segera bisa di atasi,ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dari KKN ini akan saya terapkan dan bagikan kepada para petani di desanya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muhamad Sholeh S.Sos MSI selaku Camat Sawahan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa KKN Unmer yang telah membantu para petani jeruk memberantas  hama lalat buah dan blendok.


Dikesempatan yang sama Muhammad Sholeh membagikan bibit tanaman jeruk kepada para petani jeruk Dukuh Bantengan 29/1/2023. 


Dengan harapan agar kedepannya jeruk Dukuh Bantengan bisa di kenal tidak hanya di Kabupaten Madiun tetapi bisa di kenal di wilayah di luar Madiun.


Marwanto selaku Kades Bakur akan terus berupaya agar nanti Dusun Bantengan kedepannya bisa dijadikan lokasi wisata petik jeruk, segala upaya di lakukan kelompok tani dan Pemdes Bakur guna meningkatkan produksi dan kualitas jeruk unggulan,

Sehingga bisa meningkatkan ekonomi warga pungkasnya.(ti)

Previous Post Next Post

View: