Guna Meningkatkan Hasil Pertanian Kelompok Tani Sumber Mulyo Desa Bagi Merealisasikan Pembangunan P3-TGAI

Proyek P3-TGAI Desa Bagi

Madiun Berita -1.com-Salah satu program pengembangan pedesaan yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian PUPR adalah melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi(P3-TGAI).

Guna menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan rehabilitasi dan peningkatan irigasi kecil(luas kurang dari 150 hektar)atau irigasi desa, yang dilakukan dengan cara pemberdayaan petani pemakai air atau gabungan perkumpulan petani pemakai air

Seperti halnya dengan Pemerintah Desa Bagi Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun melalui Kelompok Tani Sumber Mulyo pada tahun ini 2023 merealisasikan pembangunan program P3-TGAI tepatnya di RT 24/RW 04.

Adapun anggaran yang di gelontorkan untuk pembangunan proyek P3-TGAI sebesar 195 juta rupiah,bersumber dari APBN tahun 2023.

Dengan volume panjang 340 meter Kanan-kiri Pondasi 30cm dan tinggi 60cm.

Hal ini di jelaskan oleh Suparno selaku ketua HIPPA Sumber Mulyo Desa Bagi.

P3-TGAI Masih Dalam Proses Pengerjaan Dan Di Kerjakan Oleh Warga Bagi Melalui Padat Karya 

Masih menurut Suparno bahwa Pengerjaan proyek P3-TGAI ini di kerjakan melalui pemberdayaan masyarakat/padat karya.

Hal ini guna menjaga kualitas  maupun kuantitas bangunannya, seperti prinsip P3-TGAI  yaitu partisipatif, transparansi, akuntabilitas dan berkesinambungan sehingga dapat memberikan manfaat langsung bagi petani dan dapat di kembangkan oleh perkumpulan petani pemakai air jelasnya.

"Suparno juga berterimakasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah khusus BBWS karena program P3-TGAI sangat besar manfaatnya bagi para petani".

Sementara itu Mulyanto selaku Kepala Desa Bagi menjelaskan tujuan P3-TGAI adalah  untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

"Mulyanto berharap dengan dibangunnya proyek P3-TGAI ini akan bisa meningkatkan hasil pertanian di wilayah desanya pungkasnya".(red)

Previous Post Next Post

View: