TMMD ke 117 TAHUN 2023 Kodim 0803/Madiun Resmi Dibuka.

Upacara Pembukaan TMMD Ke-117 TA 2023

Madiun Berita–1.com-Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 TA 2023 Kodim 0803/Madiun dengan mengusung tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat" resmi dibuka. Pembukaan berlangsung di lapangan Gligi, tepatnya di Dusun Jengklik Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Ditandai dengan pemukulan gong, serta penyematan tanda peserta dan penyerahan secara  simbolis peralatan TMMD, pembukaan TMMD ke 117 resmi dibuka.Rabu 12/7/2023.

Penyematan tanda peserta dan penyerahan secara simbolis peralatan TMMD 

Dalam sambutannya Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyampaikan bahwa TMMD adalah program terpadu yang dilaksanakan oleh seluruh personel TNI dari semua matra, dalam rangka membantu pemerintah. Baik sasaran fisik maupun non fisik ,TMMD bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh guna kepentingan pertahanan negara.

Secara substansi, ada dua alasan pokok yang melatarbelakangi mengapa wilayah pedesaan khususnya Desa Kepel dan Desa Kare dipilih menjadi sasaran TMMD. Hal itu karena kondisi kedua desa utamanya Desa Kepel yang masih belum tersentuh pembangunan secara optimal. Juga karena faktor infrastruktur desa yang masih belum memadai, masih perlu diperbaiki, ditingkatkan, dan dikembangkan lebih lanjut.

"Dengan dibukanya jalan penghubung antara Desa Kare dan Desa Kepel, sepanjang 1.7 km dan lebar 7 meter,tentu akan berdampak positif pada semua sektor, salah satu bidang kesehatan dimana apabila terjadi emergency akan sangat membantu masyarakat. Hasil dari TMMD tentunya akan mempermudah akses dari wilayah yang sebelumnya harus memutar atau bahkan sebelumnya tidak bisa tembus, dengan kegiatan TMMD akan bisa tembus," kata Bupati.

"Berangkat dari kondisi nyata itulah, TMMD ke 117 Kodim 0803/Madiun diharapkan bisa membantu masyarakat desa, agar lebih mudah mendapatkan akses jalan serta peningkatan taraf hidup yang lebih layak dengan berbagai macam program pemberdayaan yang sudah dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat desa," imbuhnya.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 117 TA 2023 di wilayah Kabupaten Madiun menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan TMMD di Desa Kare dan Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

"Pada dasarnya tujuan TMMD ini adalah membangun daerah yang belum tersentuh pembangunan."

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan selesai sesuai target, sehingga bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,dan meningkatkan perekonomian masyarakat pungkasnya."Red

Previous Post Next Post

View: