Desa Kanung Menggelar Acara Bersih Desa Di Paseban Punden Dewi Kania

Foto Paseban Punden Dewi Kania Kanung

Madiun Berita-1.com-Memasuki bulan Suro dalam kalender jawa,Desa Kanung Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun menggelar acara bersih desa ,Senin 7/8/23.

Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada Danyang desa,sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan berupa tumpeng dan lauk pauknya.

Foto Punden Dewi Kania 

Acara bersih desa ini di gelar di halaman Paseban Punden Dewi Kania Kanung.Berbagi kegiatan dilaksanakan warga desa Kanung mulai dari, kesenian karawitan,kenduri atau doa bersama di halaman punden Dewi Kania.

Acara bersih desa ini di hadiri langsung oleh kepala desa Kanung beserta seluruh perangkat,tokoh agama dan tokoh masyarakat Babinsa, Babinkantibmas,dan seluruh warga Desa Kanung.

Upacara adat bersih desa Kanung dihalaman Punden Dewi Kania 

Dalam sambutannya Agus Budi  Prasetyo,selaku kepala desa Kanung, menyampaikan bahwa"upacara bersih desa ini merupakan agenda rutin tiap tahun,hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya peninggalan leluhur yang patut kita jaga kelestariannya".

"Bersih desa ini juga sebagai  bentuk rasa syukur warga desa Kanung kepada Tuhan atas panen yang melimpah, sehingga warganya bisa hidup makmur dan sejahtera sejahtera,disamping itu, acara ini merupakan wujud keharmonisan antar sesama warga tutupnya".red/te


Previous Post Next Post

View: