Setiap Bulan Suro Digelar Slametan Bersih Desa Di Punden Nogosari Morang

Foto kantor desa Morang, kepala desa Morang,doa bersama dan penyembelihan kambing Kendit 

Madiun Berita-1.com-Desa Morang  yang letaknya di kaki gunung Wilis dan merupakan  desa di bagian timur Kabupaten Madiun berbatasan dengan Kecamatan Gemarang.

Desa ini memiliki peninggalan  sejarah yaitu Punden Nogosari, dinamakan Punden Nogosari karena di dalamnya terdapat pohon Nogosari dan dipercayai terdapat makam Ki Harjo Binangun yang merupakan tokoh masyarakat sebagai cikal bakal Desa Morang.

Selain pohon Nogosari ada juga tanaman purba lainnya seperti Kepuh,Randu Alas,Rauh, Kemiri,Midi,Dewandaru,Serut,Doyo,Ringin Lanang dan Klumpit.

Acara selamatan bersih desa Morang di Punden Nogosari 

Memasuki Bulan Suro Punden Nogosari Dusun Morang, Desa Morang Kecamatan Kare Kabupaten Madiun  rutin mengadakan upacara adat selamatan bersih desa.

Pada tahun ini bersih desa di gelar di dua tempat yaitu di depan kantor Desa  dan selanjutnya di Punden Nogosari Desa Morang Jumat 4/8/23.

Turut hadir dalam acara selamatan bersih desa Morang; kepala desa Morang beserta perangkat, perwakilan dari Kecamatan Kare,toko masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas dan seluruh masyarakat Desa Morang .

Dengan membawa tumpeng masyarakat berkumpul dan berdoa bersama di depan kantor desa selanjutnya di adakan penyembelihan kambing "Kendit" di perempatan jalan di depan kantor Desa Morang.

Adapun penyembelihan kambing ini dilakukan  sewindu sekali atau 8 tahun sekali,

"Hal ini merupakan sebuah tradisi, menjaga dan melestarikan budaya peninggalan para leluhur kita terdahulu, sehingga masyarakat Desa Morang terhindar dari marabahaya, masyarakat bisa lebih maju lagi dan barokah",jelas Supriyanto selaku kepala desa Morang.

Tidak  lupa Supriyanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang telah berupaya atas  terselenggaranya bersih desa ini, sehingga acara bersih desa ini berjalan dengan lancar dan hikmat pungkasnya.red/te

Previous Post Next Post

View: