Upacara Penutupan TMMD ke-117 Madiun, Irdam V/Brawijaya Jajal Alat Musik Dongkrek

Brigjen TNI Abdul Rahman di dampingi Bupati Madiun mencoba alat musik dongkrek

Madiun Berita-1.com-Berbagai atraksi dan pentas seni memeriahkan upacara penutupan TMMD ke-117 Madiun  yang diselenggarakan di desa Kare, kecamatan Kare, kabupaten Madiun, Kamis (10/8/2023).

Salah satunya yakni kesenian dongkrek yang merupakan kearifan lokal dari daerah Madiun. Sajian Dongkrek berupa prosesi arak-arakan yang diikuti oleh para penari disertai iringan bunyi-bunyian (ensambel).

Pertunjukan dongkrek pada upacara penutupan TMMD itu mampu menarik simpati Irdam V/Brawijaya Brigjen TNI Abdul Rachman yang menutup gelaran TMMD di kampung pesilat, sebutan lain untuk kabupaten Madiun.

Tak mau tinggal diam dan hanya menikmati pertunjukannya, Irdam yang ditemani oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami terlihat juga ikut ambil bagian dengan memainkan alat musik yang mengiringi.

Ditemui usai pertunjukan dongkrek, Brigjen TNI Abdul Rachman memberikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap kesenian dongkrek. Dirinya pun berharap, sebagai salah satu kekayaan seni dan budaya bangsa Indonesia, kesenian dongkrek akan dapat dilestarikan.

"Ini warisan yang harus terus kita lestarikan. Tanggung jawab kita semua untuk dapat terus melestarikannya,” ujarnya.

“Kalau bukan kita yang peduli untuk melestarikannya, saya yakin kesenian semacam ini nantinya akan punah dan anak cucu kita tidak lagi mengenalnya," tambahnya.

Previous Post Next Post

View: