RSUD Dolopo Masuk Klasifikasi Rumah Sakit Daerah Kelas C,70 % Sosial Oriented

Direktur RSUD Dolopo dr.Purnomo Hadi saat di wawancara awak media 

Madiun Berita -1.com-Rumah sakit daerah kelas C merupakan sarana pelayanan kesehatan umum tingkat kabupaten/kota yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medis 4 spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang.

Hai ini disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Dolopo dr. Purnomo Hadi di sela-sela acara peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke 59 di aula RSUD Dolopo, Selasa 21/11/2023.

"Bahwa  RSUD Dolopo termasuk dalam klasifikasi rumah sakit daerah tipe/kelas C."

Lanjutnya,rumah sakit umum daerah kelas C adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan.

Adapun kriteria fasilitas dan kemampuan rumah sakit daerah kelas C terdiri dari; pelayanan medik umum, pelayanan gawat darurat, pelayanan medik spesialis dasar, pelayanan spesialis penunjang medik,pelayanan keperawatan dan kebidanan, pelayanan penunjang klinik dan pelayanan penunjang non klinik.

Rumah sakit daerah kelas C merupakan rumah sakit yang memiliki  paling sedikit 100 buah tempat tidur, "saat ini kami(RSUD Dolopo)sudah memiliki 100 tempat tidur,insyaallah tahun depan kita akan menambah jumlah tempat tidur menjadi 300 (tt),namun demikian ada bangunan yang harus kita penuhi fasilitas nya,seperti ruang gizi, linier, kamar jenazah dan sebagainya," jelasnya.

"Mudah-mudahan dengan dukungan dari PJ.Bupati Madiun kekurangan itu bisa segera di penuhi."

Sementara itu,tujuan pemerintah daerah kabupaten Madiun membangun RSUD Dolopo ini sebagai sarana dan prasarana untuk melakukan pelayanan kesehatan spesialistik,agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Menurutnya,70 persen RSUD Dolopo ini bersifat sosial oriented  bukan profit oriented, artinya kita mengacu kepada pelayanan sosialnya bukan profit nya,kita memberikan sarana yang baik untuk tindakan sosial menyehatkan masyarakat, mengobati masyarakat supaya masyarakat terjaga dalam hal kesehatannya."

Saat ditanya oleh awak media terkait progres pembangunan instalasi rawat inap internal,ruang bedah,rawat anak dan rawat jalan,"bahwa saat ini progres pembangunannya sudah  sekitar 85%,insyaallah tahun ini akan selesai semua."

Saat ini RSUD Dolopo sudah memiliki 17 dokter spesialis yang bersifat definitif,mereka ini betul-betul spesialis organiknya kita,otomatis kita  harus sediakan lebih dari 17 poli pungkasnya.(red) 

Previous Post Next Post

View: