Bupati Madiun Membuka Kegiatan Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun Tahun 2023

Bupati Madiun menyematkan tanda peserta Jambore kepada perwakilan peserta Jambore 

Madiun Berita-1.com
Upacara pembukaan Jambore Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab Madiun 2023) di gelar  di bumi perkemahan Purabaya, Dusun Jati Aren, Desa Kresek, Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Minggu (2/07/2023).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Madiun H.Ahmad Dawami Ragil Saputro selaku ketua majelis pembimbing cabang gerakan pramuka  Madiun dengan di dampingi oleh Wakil Bupati Madiun H.Hari Wuryanto sebagai ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Madiun, beserta FORKOPIMDA dan pimpinan BUMD,BUMN Kabupaten Madiun.

Adapun dasar pelaksanaan Jambore Cabang Madiun mengacu kepada;

"Undang-Undang RI No 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka."

"Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka."

"Program kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Madiun tahun 2023".

Kegiatan pelaksanaan jambore dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 5 Juli 2023.

Upacara pembukaan Jambore Cabang Kwartir Kabupaten Madiun 

Upacara pembukaan Jambore Cabang Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun tahun 2023 di tandai dengan penyematan tanda peserta Jambore kepada perwakilan peserta Jambore,dan dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Madiun.

Motto Jambore Cabang Kwartir Gerakan Pramuka Madiun"Satyaku Kudarmakan ,Darmaku  Kubaktikan".

Acara Jambore ini memiliki tujuan; mengembangkan sumber daya pramuka penggalang SD/MI dan SMP/MTs yang berjiwa religius, tangguh dan berkarakter Pancasila,seperti yang disampaikan Bupati dalam sambutannya.

Adapun bentuk perkemahan jambore cabang Madiun 2023 ini menerapkan satuan terpisah bagi para pramuka putra dan putri.

Perkemahan putra berada di barat induk stek pucuk sampai dengan arah ke jati aren, Sedangkan perkemahan Putri berada di sebelah timur Pendopo. 

Lingkungan perkemahan Jambore cabang Madiun 2023 dilengkapi dengan pasar Jambore yang berada di sebelah kiri dan kanan pintu masuk utama. Pasar Jambore bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk meningkatkan dan memperkenalkan produk UMKM dan sekaligus menyediakan kebutuhan yang diperlukan bagi para peserta jambore kwartir cabang. 

"Jambore kali ini mengusung tema menanamkan kepada generasi muda pada gerakan penggalang agar mempunyai rasa Pancasila yang kuat tertanam  dalam jiwanya.

Disamping itu acara jambore merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan sesama,serta melatih generasi muda agar memiliki jiwa patriotisme.

Tujuannya kedepannya menjadikan anak anak ini menjadi kader-kader Pancasila dari Kabupaten Madiun dan diharapkan anak-anak bisa meraih apa yang menjadi cita-citanya kelak.

Tekad kami "Pramuka siap jadi teladan".

Sodik Heri Purnomo selaku ketua panitia Jambore Cabang  Kabupaten Madiun tahun 2023 menyampaikan jumlah peserta Jambore pada tahun ini sejumlah 6.225 jiwa meliputi, 5530 Pramuka penggalang (276 regu penggalang putra / 2760 Pramuka penggalang putra dan 277 regu penggalang putri / 2770 Pramuka penggalang putri), 550 orang pembina,75 orang pinkonran dan 100 orang panitia.

Di puncak acara pembukaan Jambore Cabang Kwartir Kabupaten Madiun pun di tutup dengan keseruan permainan balon oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama peserta.red





Previous Post Next Post

View: