Guna Memenuhi Kebutuhan Air Minum Yang Berkualitas,Dinas PUPR Kabupaten Madiun Madiun Terus Membangun SPAM

Fisik bangunan SPAM di Desa Sambirejo - Foto : Eti/berita-1.com


Madiun, berita-1.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(DPUPR) Kabupaten Madiun terus berupaya meningkat cakupan pembangunan sistem penyediaan air minum(SPAM). 

Sampai saat ini sudah 62 SPAM yang pembangunannya telah direalisasikan.

Salah satunya SPAM yang ada di Desa Sambirejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun,15/8/23.

Sebanyak 136 warga Desa Sambirejo telah merasakan manfaat dari pembangunan SPAM tersebut.

Sistem distribusi air minum merupakan sistem perpipaan yang disiapkan didalam bangunan atau di luar bangunan guna mengalirkan air bersih dari sumbernya menuju outlet(keluaran) sistem ini sangat  efisien untuk memenuhi kebutuhan air minum yang layak konsumsi bagi masyarakat. 

Boby Saktia Putra selaku (Kabid Cipta Karya) DPUPR Kabupaten Madiun menjelaskan;bahwa kegiatan pengelolaan dan pengembangan sistem  penyedia air minum spam di Desa Sambirejo merupakan perluasan jaringan perpipaan,hal ini bertujuan untuk menjangkau pemenuhan kebutuhan air minum yang berkualitas, kuantitas  dan kontinuitas  bagi masyarakat.

"Karena  sarana dan prasarana air bersih merupakan salah satu infrastruktur dasar vital yang memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan dan lingkungan,disamping itu pemenuhan kebutuhan air bersih merupakan tanggung jawab  pemerintah pusat maupun pemerintah daerah".

Boby Saktia Putra Kebapa Bidang Cipta Karya PUPR Kabupaten Madiun - Foto : Eti/berita-1.com

Pembangunan SPAM tersebut menggunakan anggaran dari dana alokasi khusus(DAK) tahu 2023,dengan nomor kontrak/tanggal;602.1/4500/402.104/2023, tanggal 39 Mei 2023.

Nilai kontrak Rp 405.056.000.

Waktu pelaksanaan selama 120 hari kerja.

Penyedia jasa;CV.Erlangga Pratama Jaya.

Pengawas;CV Kautsar Susilo Abadi.

"Lebih lanjut Boby menyampaikan bahwa dengan selesai dibangunnya SPAM di Desa Sambirejo, merupakan hasil sinergitas dan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah desa jelasnya".

Ditemui di lokasi pembangunan spam, Zaenal Arifin salah satu penerima  manfaat dari spam  menyampaikan rasa terima kasih kepada dinas PUPR Kabupaten Madiun yang telah merealisasikan pembangunan spam sehingga kebutuhan air minum warga Rt 9 dan RT 11 Desa Sambirejo dapat terpenuhi dengan baik dan lancar, semua  ini gratis mbak tuturnya kepada media Berita-1.com.



Penulis : Eti

Previous Post Next Post

View: