Sebanyak 99 Balita Desa Prambon Mendatangi Posyandu Dalam Rangka Bulan Timbang Serentak

Kegiatan bulan timbang serentak di desa Prambon 

Madiun Berita-1.com-Bulan timbang serentak merupakan program pemerintah, tepatnya di bulan Februari dan  Agustus,hal ini merupakan upaya pemerintah  untuk menekan terjadinya stunting pada balita.

Seperti halnya yang dilakukan di seluruh  posyandu yang ada di desa Prambon Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

Turut memantau  langsung jalanan  kegiatan bulan timbang serentak;ketua tim penggerak PKK Desa Prambon beserta anggota, Kader-kader posyandu, Babinsa dan Babinkantibmas.

Penimbangan pada balita merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak,hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi/balita sehat atau sakit,mengecek kelengkapan imunisasi serta memberikan penyuluhan gizi.

Ibu kepala desa Prambon beserta kader posyandu, Babinsa dan Babinkantibmas 

Di Desa Prambon acara bulan timbang serentak dilaksanakan di dua dusun yaitu  dusun Krajan Sebanyak 49 balita dan dusun Selosari Sebanyak 50 balita total balita yang mengikuti  bulan timbang  serentak sebanyak 99 balita. Selasa 23/8/23.(red)

Puji Hastuti selaku bidan Desa Prambon Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa pada  kegiatan bulan timbang ini diintegrasikan dengan pemberian vitamin A, penimbangan berat badan,pengukuran tinggi badan, pemberian obat cacing serta pemberian makanan tambahan pada balita dari umur 0-59 bulan.

Lebih lanjut Pujiastuti mengatakan bahwa gerakan bulan timbang ini merupakan titik awal dalam perbaikan data angka stunting dengan katagori weight faltering(kenaikan berat badan yang tidak cukup/dibawah rata-rata berat badan normal), under weight(berat badan  terlalu rendah)hingga gizi buruk pada balita.

Dengan adanya  bulan timbang  serentak ini  maka dapat  diketahui tingkat kesehatan, tumbuh kembang balita, sehingga angka stunting di Desa Prambon bisa turun menjadi nol persen,hal ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas pungkasnya.(red).

Previous Post Next Post

View: