Pemkab Madiun Menerima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Di Desa Kare

Kunjungan tim verifikasi lapangan lomba desa wisata nusantara di desa Kare

Madiun Berita 1.com-Kunjungan tim verifikasi lapangan lomba desa wisata nusantara dari Kemendes Pembangunan  Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di desa Kare, Kecamatan Kare Kabupaten Madiun guna mencocokan data yang di kirim dengan fakta di lokasi desa wisata Kare, Kamis 9 November 2023.

Kunjungan tim verifikasi lapangan  disambut langsung oleh Kadin DPMD Supriadi, Kapolsek kare Agustinus,kepala desa Kare Sunarto,serata Pokdarwis,tidak  lupa kesenian dongkrek dan seni bela diri yang menjadi ikon dari kabupaten Madiun turut di tampilkan dalam penyambutan tersebut.

Rini Ariani selaku tim juri dari lomba desa wisata menyampaikan bahwa, lomba desa wisata ini dilaksanakan dengan maksud meningkatkan potensi wisata desa yang lebih fleksibel dan terkoneksi, mengapresiasi desa serta mendorong BUMDES berperan aktif dalam pengelolaan destinasi wisata desa.

Dirinya sangat surprise "saya dari pertama datang melihat banyak sekali daya tarik wisata di desa Kare yang  bisa di jual ke publik, potensi ini harus  dikemas dengan baik dalam bentuk promosi yang bagus, sehingga wisata desa wisata Kare bisa di kenal tidak hanya dari kabupaten Madiun melainkan dikenal seluruh Indonesia bahkan mancanegara".

Lanjut Rini, Desa Kare sudah masuk dalam 45 besar desa wisata, "Insyaallah  nantinya akan dipilih menjadi 15 besar".

Adapun kriteria penilaiannya meliputi; aspek keberlanjutan(sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan), Sapta Pesona, serta seberapa besar peran serta masyarakat menjadi bagian dari pengelola wisata ini, prinsipnya dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat,jelasnya.

Foto Kadin DPMD Supriadi 

Dikesempatan sang sama,Kadin DPMD Supriadi menyampaikan bahwa ada tiga desa di kabupaten Madiun yang masuk 15 besar menjadi desa wisata nusantara yaitu Desa Kare, Desa Mendak dan Desa Pule.

Ketiga desa tersebut merupakan katagori sebagai desa mandiri dan maju,"Alkhamdulilah di Kabupaten Madiun sudah tidak ada desa dengan katagori berkembang dan tertinggal".

Menurutnya verifikasi lapangan ini guna menginventarisir desa wisata ,juga sebagai bentuk promosi desa wisata Kare.

Desa Kare sendiri memiliki pesona alam yang sangat indah,salah satunya air terjun Tambak Lare,air terjun Kerto Embo,Eco Adventure, kebun kopi Kandangan,,Hutan Pinus Nongko Ijo,bahkan ada juga wisata sejarah tugu peringatan MOBRIG.

Dengan banyaknya potensi wisata ini, diharapkan desa Kare  kedepannya semakin maju, semakin baik dan banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Kare pungkasnya.(red)

Previous Post Next Post

View: