Tiga Desa Kabupaten Madiun Siap Menjadi Desa Wisata Di Tahun 2024

Hamzah Kabid Pengembangan Wisata Disparpora Kabupaten Madiun

Madiun Berita-1.com-Konsep pengembangan desa wisata adalah  menjadikan desa sebagai destinasi pariwisata dengan cara memadukan daya tarik wisata alam dan budaya serta  layanan fasilitas umum pariwisata, aksesibilitas yang memadai dengan tatacara dan tradisi kehidupan masyarakat.

Sebelum membangun desa wisata ada tiga komponen yang perlu di perhatikan; kondisi desa sekarang, keadaan masyarakat dan struktur organisasi, serta konsep desa wisata yang unik, seperti yang disampaikan Hamzah(Kabid Pengembangan Wisata) Disparpora Kabupaten Madiun saat ditemui di ruang kerjanya,Jumat 24/11/2023.

Lanjutnya,desa wisata harus memiliki tiga kriteria yaitu; keindahan alam,jenis sumber daya alam yang menonjol untuk kegiatan wisata serta keunikan sumber daya alam.

Sementara itu 7 langkah pengembangan desa menjadi wisata antara lain; pemilihan objek wisata yang menarik, buat kesepakatan dengan seluruh warga, melakukan pemetaan desa, membentuk kelompok sadar wisata(pokdarwis) melakukan inventarisasi potensi desa, melakukan studi banding dan mengikuti setiap pelatihan pengelolaan desa wisata, paparnya.

"Kami(Disparpora) kabupaten Madiun sudah meng up scaling pokdarwis untuk diberikan TOT(training of trainer) untuk menjadi tenaga lokal guna memberikan pendampingan ke tiga yaitu ;Desa Kare,Desa Mendak dan Desa Pule."

Menurutnya saat ini pihaknya sudah memiliki 12 orang sebagai tenaga ahli pariwisata yang memiliki  kompetensi, kemampuan dan kemauan,khususnya di 4 pilar pariwisata, mereka  nantinya akan memberikan pendampingan.

Pada prinsipnya,desa wisata adalah desa membangun fokus pada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desa nya secara mandiri, dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kesejahteraan masyarakat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan sumber daya alam dan  lingkungan serta memajukan kebudayaan(ekowisata/ekoturisme).

Disparpora Kabupaten Madiun akan terus mendukung pengembangan desa wisata dengan melakukan pendampingan, pelatihan dan menyediakan infrastruktur, fasilitas akses finansial, promosi dan pengembangan kemitraan,"kami berharap kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama menyukseskan program pemerintah menjadikan 6.000 desa menjadi desa wisata di tahun  2024 pungkasnya."(red)


Previous Post Next Post

View: