PJ.Bupati Madiun Tekankan Pentingnya Seluruh Perangkat Daerah Untuk Tingkatkan Inovasi

Foto acara FGD di RM Icha Tarzan Caruban Madiun 

Madiun Berita-1.com-Pemkab Madiun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bapperida) melaksanakan Focus Group Discussion(FGD) Penguatan Perangkat Daerah Tahun anggaran 2024.Acara FGD dilaksanakan di Rumah Makan Icha Orient Tarzan Caruban,pada hari Selasa,27 Februari 2024 .

Acara FGD dipimpin langsung oleh Kepala Bapperida Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh.Mengingat pentingnya kegiatan ini maka pihak penyelenggara dalam hal ini Bapperida Kabupaten Madiun mendatangkan narasumber Jerry Walo dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri RI.

Turut hadir dalam acara FGD,PJ.Asisten Pemerintahan dan Kesra Soedjiono,Pimpinan Perangkat Daerah dan Camat Se-kabupaten Madiun, Direktur BUMD Kabupaten Madiun,Tim Person In Charge(PIC)Inovasi Daerah pada Perangkat Daerah.

Dalam penyampaiannya Kurnia Aminulloh menyampaikan  bahwa, sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 386 sampai dengan 390 yang dimaksud dengan Inovasi Daerah adalah;semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan  dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah, sehingga dapat berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Kurnia mengatakan bahwa Inovasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,sesuai dengan prioritas pembangunan Kabupaten Madiun Tahun 2024 yaitu "Penguatan Tata Kelola Pemerintahan dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik ,Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Pada Seluruh Elemen Masyarakat,"jelasnya.

Sementara itu Jerry Walo menjelaskan bahwa untuk dapat mengembangkan inovasi dan meningkatkan nilai indeks inovasi daerah,dapat dilakukan melalui pengembangan kreativitas yang berorientasi inovasi.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pencapaian  tujuan tersebut antara lain:

1.Menekankan pentingnya kepada seluruh perangkat daerah untuk selalu berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dimulai dengan berpola pikir kreatif dan inovatif sebagai salah satu bentuk penyelesaian berbagai permasalahan yang timbul dengan menggunakan prinsip-prinsip inovasi.

2.Mengelola inovasi dengan baik, mendokumentasikan dan mempublikasikan inovasi supaya diketahui oleh masyarakat.

3.Sinergi Penta Helix  lebih dipererat kolaborasi dengan perguruan tinggi dan sektor swasta dengan tujuan pembangunan yang berkesinambungan.

4.Aksi-aksi nyata oleh agen-agen perubahan yang dihasilkan setiap tahun melalui pendidikan pelatihan dalam melakukan perubahan pada tata kelola pemerintahan.

5.Memaksimalkan penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi sebagai bentuk konsistensi mulai dari perencanaan dan pelaporan hasil.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh perangkat daerah agar mampu menciptakan berbagai program kegiatan dan kebijakan yang memiliki inovasi dalam hal tata kelola pemerintah daerah dan pelayanan publik di Kabupaten Madiun, pungkasnya.(red Berita -1.com)

Previous Post Next Post

View: