Masuk Lima Besar Pemdes Randualas Menerima Kunjungan Tim Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2024

Acara penilaian klarifikasi lapangan lomba BBGRM tingkat kabupaten Madiun di Desa Randualas Kare

Madiun Berita-1.com-Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa(DPMD) melakukan penilaian klarifikasi lapangan pelaksanaan Lomba Bulan Bakti Gotong Royong(BBGRM )tingkat Kabupaten Madiun tahun 2024  di Desa Randualas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun,Kamis 22/2/2024.

Diiringi kesenian karawitan "Titi Laras" dari kelompok penggerak PKK,kedatangan tim penilaian klarifikasi lapangan BBGRM disambut langsung oleh  Suyadi kepala desa Randualas,dengan didampingi langsung oleh Kapolsek  Dan Danramil Kare di Pendopo kantor Desa Randualas.

Hadir dalam acara tersebut;Kepala DPMD Kabupaten Madiun ,Camat Kare, Kapolsek Kare, perwakilan dari Koramil Kare, ketua tim penggerak PKK Kecamatan Kare, BPD, ketua karang taruna,serta para tamu undangan lainnya.

Foto Kepala Dinas PMD Kabupaten Madiun Supriadi saat wawancara dengan media Berita-1.com

Dalam acara  tersebut Kepala DPMD  Kabupaten Madiun Supriadi menyampaikan bahwa lomba BBGRM diadakan rutin tiap tahun,hal ini sebagai upaya pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas PMD untuk meng uri-uri(menjaga/merawat/melestarikan) gotong royong sebagai budaya asli Indonesia agar selalu  terjaga kelestariannya.

"kami menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong terutama di tingkat desa."

Hal ini bertujuan agar budaya  gotong royong tidak terkikis oleh perkembangan jaman.Lomba BBGRM juga merupakan bentuk apresiasi terhadap peran serta masyarakat dan pemerintah desa serta lembaga kemasyarakatan dalam melakukan pembangunan.

Disamping itu gotong royong juga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antara anggota masyarakat,menjalin dan membina hubungan baik antar warga serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

Kami berharap agar kegiatan gotong royong ini tidak berhenti sampai disini,tetapi gotong royong harus terus  dilakukan  dan bisa menjadi bagian dari gaya hidup,"apapun kegiatannya kalau dilakukan secara bergotong royong akan berjalan dengan baik,"jelasnya.

Selanjutnya tim penilaian klarifikasi lapangan lomba BBGRM melakukan klarifikasi langsung kelapangan di lima lokasi yaitu;Toko kopi Aqmar,Sendang Kemangi,Rumah Produksi UMKM Roti Bluder Kare,Pos Kamling dan Rumah Produksi Jamu tradisional.

Foto Bremmy Purba selaku ketua tim penilaian klarifikasi lapangan lomba BBGRM tingkat kabupaten di desa Randualas 

Usai Klarifikasi Lapangan Bremmy Purba selaku ketua tim penilaian klarifikasi lapangan lomba BBGRM tingkat Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa Desa Randualas merupakan desa yang ke empat , sebelumnya kami telah melakukan penilaian Klarifikasi Lapangan di Desa Sendangrejo Kecamatan Madiun,Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng,Desa Kaibon Kecamatan Geger dan nanti terakhir Desa Krandegan Kecamatan Kebonsari.
"Total ada 5 desa yang berhasil mengikuti lomba BBGRM tingkat kabupaten", terangnya.

Sementara itu,Bremmy mengatakan penilaian Klarifikasi Lapangan lapangan ini merupakan tahapan terakhir yang sebelumnya telah dilakukan  penilaian administrasi dan pemaparan materi.

Adapun Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba BBGRM ini  meliputi beberapa indikator seperti ekonomi, sosial budaya, kewilayahan dan yang paling utama  adalah keswadayaan dan tingkat gotong royong masyarakatnya.

Lebih lanjut Bremmy menyampaikan  bahwa tim penilaian  terdiri dari beberapa OPD,seperti; DPMD ,Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, Disparpora,Dinas Pertanian, pungkasnya.(red)ADV


Previous Post Next Post

View: