Menjaga Lingkungan Bersih,Pemdes Kresek Realisasikan Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah(TPS)

Foto tempat pembuangan sampah(TPS)Dusun Katregan Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun 





Madiun Berita-1.com-Sampah merupakan limbah sisa, baik dari sisa rumah tangga, industri atau lainnya.

Permasalahan sampah salah satunya adalah tempat pembuangannya.Jika dibuang tidak pada tempatnya tentunya akan menimbulkan masalah baik dari masalah bau,kesehatan, pemandangan yang kumuh, serta mengganggu kebersihan lingkung.

Guna memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk pembuangan sampah dengan mudah,Pemdes Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun merealisasikan pembangunan tempat pembuangan sampah (TPS).

TPS Desa Kresek dibangun tepatnya  di Dusun Katregan,dengan menggunakan anggaran Dana Desa(DD) sebesar Rp 32.285.000,tahun anggaran 2024,Rabu 13/3/2024.

Jarak minimal dari TPS ke perumahan warga adalah 50 meter,hal ini untuk meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan seperti  bau yang mengganggu, penyebaran penyakit, dan sebagainya, seperti yang disampaikan Saifudin Andrian selaku ketua TPK.

Sementara itu Mariyono,selaku Kepala Desa kresek saat ditemui  awak media Berita-1.com di ruang kerjanya menjelaskan bahwa,pemilihan pembangunan TPS ini sebelumnya sudah di musyawarahkan antara pihak pemerintah desa dengan masyarakat,"Kami sepakat pembangunan TPS di Dusun Katregan karena letaknya jauh dari pemukiman warga,serta akses jalan yang mudah,"jelasnya.

Lanjutnya, masalahnya sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama,untuk itu kami Pemerintah Desa Kresek bersama warga berupaya membangun fasilitas tempat pembuangan sampah yang memadai.

"Mulai sekarang kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke kali atau  membuang sampah sembarangan,"himbau Mariyono.

Menurutnya,secara umum masyarakat Desa Kresek sudah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Diharapkan dengan selesainya pembangunan TPS Katregan ini warga Desa Kresek  khususnya permasalahan sampah bisa teratasi, masyarakat  dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih,rapih serta masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup sehat, pungkasnya.(red.Berita-1.com)

Previous Post Next Post

View: