Pemdes Sambirejo Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Dengan Membangun TPT

Pembangunan TPT di JUT Desa Sambirejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun 


Madiun Berita-1.com-Talud Penahan Tanah (TPT) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu yang pada umumnya dipasang pada daerah yang kontur tanah labil. Jenis konstruksi bangunan antara lain pasangan batu dengan mortar, pasangan batu kosong, besi beton,pasir dan semen.

Dengan kata lain pembangunan talud penahanan tanah ini merupakan pasangan batu yang dilekatkan pada rangkaian  besi beton dengan campuran semen, pasir dan air untuk melindungi tebing dari longsor.

Talud memiliki fungsi penting yaitu untuk menahan tanah yang terletak di belakangnya, melindungi kondisi tanah di depannya, dan mencegah timbulnya bahaya longsor. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti berat tanah, berat benda, dan berat air yang terlampau berlebih.

Talaud juga dimanfaatkan sebagai Pemeliharaan dinding saluran irigasi untuk pertanian dan sebagai penahan tanah tepi jalan usaha tani.

Pemerintah Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun merealisasikan  pembangun  Talud Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di jalan usaha tani.

Pembangunan Talud tersebut dikerjakan dengan volume 235 meter, dengan menggunakan Anggaran dari Dana Desa(DD) tahun anggaran 2024 sebesar 112.426.200.

Pembangunan TPT tersebut sebelum nya telah di rencanakan berdasarkan musyawarah antara pemerintah desa Sambirejo bersama BPD dan pihak terkait lainnya, karena dirasa  sangat penting sekali bagi kelancaran akses masyarakat menuju ke sawah.

Kepala Desa Sambirejo Sugito Mengungkapkan bahwa TPT tersebut merupakan merupakan jalan penghubung antar dukuh/RT disamping jalan menuju ke sawah atau ladang.Pembangunan TPT merupakan prioritas Pemerintah desa Sambirejo dalam  melakukan  pembangunan infrastruktur diwilayahnya.

“Kami Pemerintah desa Sambirejo akan terus berupaya membangun infrastruktur, terutama pembangunan Jalan,karena tanah disepanjang jalan tersebut sudah mulai mengikis terbawa arus sungai, kalau tidak segera di bangun TPT maka akan mengakibatkan kerusakan yang semakin parah, karena jalan tersebut digunakan masyarakat sebagai sarana dan prasarana perekonomian warga yang sangat  vital,maka dari itu kami berupaya secepat mungkin segera menyelesaikannya” Ucap Sugito.

"Semoga pembangunan TPT ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan  perekonomian  khususnya bidang Pertanian," pungkasnya.

Previous Post Next Post

View: