Awali Pengerjaan RTLH, Warga Bareng Satgas TMMD Gelar Selamatan dan Doa Bersama.

Mengawali pembangunan RTLH,warga Dusun Seweru menggelar Doa bersama dan selamatan.

Madiun Berita-1.com-Untuk menghormati budaya leluhur dan melestarikan kearifan lokal serta untuk membina keakraban dengan masyarakat, satgas TMMD ikut selamatan dan doa bersama dengan masyarakat di lokasi kegiatan TMMD ke 117 Kodim 0803/Madiun.

Kegiatan selamatan dan doa bersama tersebut dilakukan ketika anggota satgas TMMD ke 117 Kodim 0803/Madiun akan memulai pengerjaan rehab RTLH milik Joko Purnomo warga Dusun Seweru RT 26 RW 06 Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Senin (17/7/2023).

Kehadiran Satgas TMMD Ke 117 Kodim 0803/Madiun pada acara tersebut untuk membina keakraban dengan masyarakat serta sebagai salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Dalam acara selamatan dan doa bersama itu, tampak Danki SSK Lettu Inf Gatot Wahyu Gianto bersama sejumlah anggota Satgas TMMD dari Batalyon Infanteri Mekanis 512/Quratara Yudha berbaur dengan warga.

"Diundangnya kami di acara tersebut, merupakan indikasi positif bahwa kehadiran TNI dapat diterima oleh warga setempat," Dan SSK Lettu Inf Gatot Wahyu Gianto.

Sementara itu menurut Sertu Eko Prasetyo selaku Babinsa Kare, acara selamatan dan doa bersama itu biasa dilakukan oleh warga Dusun Seweru. "Acara seperti ini, biasanya dilaksanakan apabila ada kegiatan besar, seperti hajatan, pesta pernikahan, pembangunan rumah, panen raya, dan lain-lain. Jadi ini sudah menjadi budaya dan tradisi masyarakat," ungkap Sertu Eko Prasetyo.

Diketahui, selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa, bahkan Nusantara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan  Yang Maha Esa.

Previous Post Next Post

View: