HEBAT DESA KRANDEGAN WAKILI KABUPATEN MADIUN LOMBA BBGRM TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR.

PJ Bupati Madiun,Camat Kebonsari,Kepala Desa Krandegan menerima Kunjungan tim klarifikasi lapangan lomba BBGRM tingkat provinsi Jawa Timur 

Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) adalah kegiatan kerjabakti ditingkat desa/kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun sekali dengan tujuan agar Gotong Royong yang merupakan ciri khas Bangsa Indonesia tetap terjaga.

Pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong ( BBGRM ) Tingkat Provinsi berada di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, saat ini sudah sampai tahapan Penilaian Klarifikasi Lapang Pelaksana Gotong Royong terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

Kegiatan ini tentunya di sambut antusias oleh masyarakat desa Krandegan , berlokasi di Pendopo Kantor Kepala Desa Krandegan, dengan di hadiri PJ. Bupati Madiun Tontro Pahlawanto, Ketua Tim BBGRM Provinsi Jawa Timur Drs. Tri Yuwono, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun ( DPMD ) Supriyadi, Kepala OPD Kabupaten Madiun, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Camat Kebonsari , Kepala Desa Se-Kecamatan Kebonsari , Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Desa Krandegan.

Dalam hal ini , Desa Krandegan , Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, menjadi wakil Pelaksanaan Lomba BBGRM tingkat Provinsi Jawa Timur, bermula dengan pelaksanaan Lomba Bulan Bakti Gotong Royong ( BBGRM )tingkat Kabupaten yang di laksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun , melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun ( DPMD ) dan OPD terkait , di ikuti Masing-masing Kecamatan  di wakili oleh 1 Desa , kabupaten Madiun sendiri terdiri Dari 15 Kecamatan dan 198 Desa , dengan melalui tahapan yang sangat panjang terpilihlah Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, menjadi Juara 1 Tingkat Kabupaten dan saat ini Desa Krandegan Mewakili Kabupaten Madiun di tingkat Provinsi Jawa Timur, Jelas Kepala Dinas DPMD KABUPATEN MADIUN " Supriyadi".

" Kepala DPMD Kabupaten Madiun Supriyadi Optimis , bahwa Desa Krandegan akan berpotensi berhasil dalam Lomba BBGRM kalai ini , Karena Desa Krandegan sangat memenuhi, 4 Aspek Penilaian diantaranya, Ekonomi, Kemasyarakatan, Sosial , Kesehatan dan Lingkungan, tentunya dukungan masyarakat serta pemerintah menjadi kunci keberhasilan ". 

" Dalam Sambutan,  PJ. Bupati Madiun Ir. H. Tontro Pahlawanto menyampaikan Kabupaten Madiun setiap tahunnya selalu saja  masuk dalam nominasi Lomba Pelaksana Gotong Royong Tingkat  Provinsi Jawa Timur. Tentunya ini menunjukkan bahwa saat ini masyarakat kita yang senantiasa menjunjung tinggi budaya gotong royong,” ucap Ir. H. Tontro Pahlawanto.

Sementara itu, Kabid Kemasyarakatan Desa, Dinas PMD Provinsi Jawa Timur selaku Ketua Tim Penilai, Tri Yuwono, menjelaskan,

Ada Beberapa Aspek yang menjadi Penilaian Klarifikasi Lapang Pelaksana Gotong Royong BBGRM tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 , diantaranya Penilaian Bidang Ekonomi , Bidang Kemasyarakatan, Bidang Sosial, Bidang Kesehatan dan Lingkungan,

pihaknya hanya menjalankan salah satu tugas dari Permendagri Nomor 42 Tahun 2005 untuk menjaga tata nilai tradisi tentang gotong-royong, salah satunya yaitu di Desa Krandegan.

“Lomba BBGRM tingkat Jatim digelar untuk melestarikan budaya gotong-royong di masyarakat. Sebab budaya tersebut mengalami degradasi atau penurunan kualitas dan kuantitas dari tahun ke tahun, ” ungkap Tri Yuwono.(Tim red)

Previous Post Next Post

View: